Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi - Kali ini kita akan membahas macam-macam peralatan teknologi informasi dan komunikasi jarak jauh yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, untuk mengetahui penjelasan tentang teknologi komunikasi jarak jauh dapat dilihat pada artikel saya sebelumnya di Pengertian Telekomunikasi atau Komunikasi Jarak Jauh, adapun macam-macam peralatan Teknologi Informasi dan komunikasi adalah

1. TELEGRAF
Telegraf adalah sistem telekomunikasi yang menggunakan peralatan listik untuk mengirimkan dan menerima sinyal sesuai dengan kode dalam bentuk pulsa listrik dengan mengunakan kabel-kabel tembaga dari jarak jauh. sinyal yang dikirimkan oleh telegraf merupakan kode-kode sederhana yang mewakili pesan-pesan yang ingin dikirimkan yang sering disebut juga dengan kode Morse, sesuai dengan nama penemunya.
Operator telegraf mengirimkan sinyal-sinyal menggunakan sebuah peralatan yang menginterupsi aliran-aliran listrik dalam sebuah kabel dengan menggunakan loncatan arus pendek dan panjang dengan jarak diantaranya untuk mengkodekan huruf dari pesan yang ingin dikirimkan. pada alat penerima akan mengubah sinyal-sinyal tersebut menjadi rangkaian bunyi kedutan. bunyi kedutan  tersebut diterjemahkan kembali oleh operator telegraf atau mesin cetak mekanik menjadi rangkaian kata-kata yang bisa dibaca. dan pesan yang dikirimkan dengan Telegraf disebut juga dengan Telegram.
Diatas disebutkan untuk pengiriman Telegram menggunakan kode morse, Kode Morse adalah sebuah sistem pengiriman pesan yang menggunakan kombinasi suara panjang dan pendek dalam berbagai cara yang bervariasi untuk mengkodekan huruf-huruf, bilangan-bilangan, dan karakter-karakter yang lain. suara pendek sering sekali disebut dengan "dit" dan suara yang panjang sering disebut dengan "dah".
Di Indonesia layanan telegraf masih umum digunakan sampai akhir tahun 1990-an. dan pada tahun-tahun berikutnya sudah semangkin ditinggalkan karena berkembangnya alat komunikasi yang lebih modern seperti Telepon, Faksimile, SMS, e-mail dan lain-lain, peralatan-peralatan modern tersebut sering digunakan dikarenakan pengiriman untuk informasi lebih cepat dari pada Telegraf.

2. TELEPON
Telepon adalah peralatan yang mengubah suara menjadi energi listrik dan mengirimkannya melalui kabel jaringan telepon. energi listrik yang dikirimkan akan dirubah kembali oleh telpon pada sisi penerima menjadi suara kembali. sesuai dengan namanya telepon dibagi atas dua kata, yakni "Tele" dan "Phone" yang di adopsi dari bahasa yunani. Tele berarti Jauh sedangkan Phone berarti Suara, ketika digabungkan berarti pengiriman suara dalam jarak jauh.
Adapun komponen terpenting yang terdapat pada telepon yakni adalah Mekanisme dialing, Transmitter, Ringger, dan Receiver. fungsi dari komponen tersebut adalah sebagai berikut.

a. Mekanisme Dialing
Mekanisme dialing memungkinkan penelpon memasukkan nomor tujuan yang ingin dia panggil, sebagian besar telepon dilengkapi dengan keypad yang berjumlah 12 tombol, yang terdiri dari tombol 0 sampai 9 kemudian tombol bintang (*), dan tanda pagar (#).

b. Transmitter
Transmitter atau pemancar sering juga disebut dengan mikrofon berfungsi mengubah suara menjadi arus listrik yang kemudian dikirimkan lebih jauh melalui kabel telpon.
Transmitter dibagi dua jenis, yakni pemancar listrik (Electric Transmitter) dan Pemancar Karbon (Carbon transmitter). pada pemancar listrik terdapat diafragma berbentuk bulat dengan sebuah foil listrik yang dipasangkan di belakangnya, ketika suara ditangkap oleh transmitter maka diafragma bergetar dan getaran tersebut menimbulkan arus listrik pada foil listrik, berbeda dengan pemancar karbon, pada pemancar ini terdapat logam alumunium, suara akan menyebapkan getaran pada diafragma logam, kemudian dibelakan diafragma logam terdapat logam kecil yang berbentuk kubah yang akan meningkatkan tekanan pada ruah karbon, kuat arus yang mengalir melalui kabel telepon bergantung pada kuat tekanan pada ruang karbon.

c. Ringer
Ringer berfungsi untuk memberikan sinyal adanya telpon yang masuk, pada permulaan, ringer terbuat dari sebuah lonceng kecil, saat ini, peralatan elektronik digunakan untuk menggantikan loncek kecil, sebuah chip komputer ditempatkan untuk membuat sinyal bunyi (ringtone) atau bahkan sebuah lagu.

d.Receiver
Receiver atau penerima berfungsi untuk mengubah arus listrik menjadi suara. penerima ditempatkan pada bagian telinga di gagang telepon. sinyal listrik yang berasal dari suara pengirim akan diterjemahkan kembali menjadi suara oleh receiver.

3. FAKSIMILE / FAX ( FAKS )
Faksimile berasal dari kata facsimile yang artinya menyalin sama persis dengan aslinya, Mesin faks merupakan peralatan telekomunikiasi yang digunakan untuk mengirimkan tulisan dan gambar melalui kabel telepon, Mesin faks menyalin dokumen yang ingin dikirimkan, kemudian mengirimkan dokumen tersebut ke nomor faks yang ingin dituju.

4. TELEVISI
Televisi adalah sistem telekomunikasi yang mengirimkan dan menerima gambar dan suara dengan cara mengirimkan sinyal-sinyal elektronik melalui kabel dan serat optik, ataun dengan menggunakan gelombang elektromagnetik. biasanya sinyal-sinyal tersebut dipancarkan dari sebuah pusat sumber yang disebut juga dengan stasiun televisi. Kemudian sebuah stasiun relay akan memancarkan kembali sinyal tersebut agar bisa ditangkap oleh antena penerima dirumah-rumah yang letaknya jauh dari stasiun.  

5. RADIO
Radio adalah alat komunikasi yang mengirimkan suara melalui udara dengan menggunakan gelombang elektromagnetik, sejak ditemukan radio merupakan alat komunikasi terpenting karena radio dapat digunakan untuk mengirimkan suara pada jarak yang jauh.
Pada awalnya radio digunakan sebagai alat komunikasi nirkabel dari kapal ke kapal dan kapal ke pantai.  Peran radio pertama kali terjadi pada tahun 1909 setelah kapal S.S Republic bertabrakan dengan kapal lain di laut Altantik, kapal tim penolong datang dan menyelematkan hampir semua penumpang. Kemudian radio digunakan kembali secara luas, Kapal, Pesawat udara, Polisi, Militer, bahkan astronaut diluar angkasa menggunakan radio.
Radio tidak hanya digunakan sebagai alat komunikasi dua arah, akan tetapi juga sebagai alat komunikasi satu arah dengan tujuan komersil, yang disebut juga sebagai pemancar radio (radio broadcasting).
Radio bekerja dengan cara mengirimkan sinyal suara yang ditumpangkan di sinyal radio, sinyal suara tidak dapat dikirimkan langsung karena sinyal suara bukanlah gelombang elektromagnetik. Teknik menumpangkan sebuah sinyal di sinyal yang lain disebut juga dengan istilah modulasi.
Ada beberapa teknik modulasi yang sering digunakan, yaitu modulasi Amplitudo (Amplitudo Modulation, AM), modulasi frekuensi (Frequency Modulation, FM), dan modulasi fasa (Phase Modulation, PM).
Pada radio terdapat tiga komponen yang sangat penting untuk alat komunikasi ini, yakni Sumber Suara, Pemancar, dan Antena. Sumber suara menghasilkan suara yang akan dikirimkan bersama dengan sinyal radio(dimodulasi). Sumber suara biasanya datang dari pemutar musik/lagu dan mikrofon.
Pemancar terdiri dari osilator dan Modulator. Osilator berfungsi untuk menghasilkan gelombang sinus yang menjadi sinyal pembawa. Sinyal suara kemudian ditumpangkan di gelombang elektromagnetik yang dihasil oleh Osilator. Modulator berfungsi untuk menstabilkan frekuensi dan / atau amplitudo osilator. Sinyal yang sudah dimodulasi kemudian dikirimkan ke antena melalui saluran transmisi.
Antena berfungsi untuk memancarkan gelombang radio. Antena yang ideal adalah antena yang menghasilkan pancara gelombang elektromagnetik ke segala arah. karena fungsinya tersebut, antena merupakan komponen yang paling penting dari sebuah sistem pemancar.
Beberapa keuntungan menggunakan radio FM, Gelombang radio FM berada pada kisaran frekuensi 88 - 108 MHz. Frekuensi tersebut relatif lebih aman dari gangguan cuara buruk maupun gangguan lain yang tidak diharapkan dan menghasilkan suara dengan kualitas yang lebih baik. Gelombang Radio FM mempunyai panjang gelombang yang lebih pendek dari AM, sehingga gangguan yang diakibatkan oleh penurunan daya hampir tidak berpengaruh. Kemampuan FM yang lainnya dapat menyatukan beberapa sinyal suara menjadi streo. Dengan cara ini, Pemancar radio dapat memberikan suara yang lebih berkualitas kepada pendengarnya.

6. Telepon Bergerak
Telepon bergerak (Mobile Phone), yang biasa disebut juga dengan Handphone, Telpon Seluler, Atau Ponsel merupakan satu alat komunikasi yang paling banyak digunakan saat ini. kelebihan alat komunikasi yang satu ini adalah kemampuannya bergerak (mobile) sehingga kita selalu dapat berkomunikasi dengan dunia luar dimanapun kita berada dan apapun aktivitas yang sedang kita lakukan
Teknologi telpon bergerak ini merupakan gabungan dari teknologi telpon hasil penemuan Alexander Graham Bell(1876) dengan teknologi radio hasil penemuan Guglielmo Marconi (1894). Kedua teknologi tersebut digabungkan dan jadilah telepon dengan sinyal suara yang dilewatkan melalui gelombang radio.
Cara kerja ponsel adalah dengan cara menerima sinyal elektromagnetik yang diterima dari sebuah pemancar dengan frekuensi tertentu. Pemancar tersebut disebut juga BTS (Base Tranceiver Station). BTS diletakkan ditempat tertentu dengan cara membagi-bagi sebuah daerah dalam sebuah irisan heksagonal. Daerah irisan tersebut disebut dengan sel (Cell). Jika kita bergerak dari satu daerah ke daerah lain, Ponsel kita akan menerima sinyal dari satu BTS ke BTS lain, sesuai dengan lokasi kita.
Ada dua teknologi telepon bergerak yang umum digunakan saat ini, yaitu GSM dan CDMA. perbedaan keduanya terletak pada bagaimana suara dikirimkan dari pengirim ke penerima.

a. GSM
GSM adalah kepanjangan dari Global System For Mobile Communication. GSM bekerja dengan cara mengkompresi suara yang masuk ke jaringan GSM dalam format digital sehingga mempunyai ukuran yang kecil. GSM beroperasi pada frekuensi 900-1800 MHz. Pengguna GSM cukup diberi sebuah SIM Card (Subscriber Identity Module) untuk mendapatkan layan dari operator GSM.
GSM Menggunakan teknologi enkripsi ( Pengkodean ) sebelum suara dikirimkan, hal ini menyebabkan keamanan penggunan terjamin.

b. CDMA
CDMA merupakan singkata dari Code Division Multiple Access. Teknologi CDMA bekerja dengan cara memecah data suara yang masuk menjadi paket-paket kecil dan masuk ke saluran frekuensi yang terpisah-pisah. Kemudian paket-paket data yang kecil tersebut dikirimkan setelah ditambahkan kode yang unik dan hanya diterima oleh penerima yang mempunyai data sesuai.


0 Response to "Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi "

Post a Comment